25 Makanan Penambah dan Pelancar ASI Untuk Ibu Menyusui

LoppLopp.com - Seperti yang kita tahu, ASI atau air susu ibu adalah makanan yang paling sehat dan paling baik di konsumsi oleh Bayi yang masih kecil.

Selain sehat, ASI juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk pertumbuhan bayi.

Namun sayangnya ada permasalahan yang sering terjadi pada ibu yang menyusui. Masalahnya adalah seorang ibu yang sedang menyusui tersebut sering kekurangan ASI sehingga ASI yang keluarpun menjadi sedikit dan tidak lancar.

Hal ini sebenarnya biasa terjadi terutama bagi ibu yang tidak teratur dalam menyusui bayinya.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menambah ASI serta memperlancar keluarnya ASI tersebut.

Berikut ini 25 Makanan Penambah dan Pelancar ASI untuk Ibu yang sedang menyusui:

1. Gandum

Biji Gandum

Gandum adalah salah satu makanan yang sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil karena kandungan asam folat yang terdapat pada gandum sangat penting bagi pertumbuhan bayi.

Namun manfaat yang di miliki gandum tidak hanya untuk ibu hamil saja, bagi ibu yang sedang menyusui pun juga di sarankan mengkonsumsi gandum sebagai makanan harian.

Hal ini dikarenakan kandungan asam folat dan zat besi yang terdapat pada gandum dapat membantu memperbanyak dan melancarkan ASI serta meningkatkan kualitas ASI tersebut sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan bayi.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran yang sangat terkenal karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki banyak kandungan zat besi.

Dan menurut penelitian, bayam yang memiliki banyak kandungan zat besi ini juga dapat membantu menambah produksi ASI serta memperlancar keluar nya ASI.

Selain kandungan zat besi, bayam juga memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bayi menjadi tidak mudah sakit.

3. Kelabat

Kelabat

Mungkin masih banyak dari kita yang tidak tahu apa itu Kelabat. Kelabat ini biasa di sebut juga dengan Halba ataupun Fenugreek dalam bahasa Inggris.

Kelabat ini merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk seperti biji-bijian dan biasanya digunakan sebagai bumbu dalam pembuatan Kari.

Nah biji dari kelabat inilah yang menurut berbagai penelitian memiliki sebuah zat yang dapat membantu menstimulasi saluran ASI dan kelenjer sehingga dapat menambah jumlah ASI dan memperlancar keluar nya ASI tersebut.

4. Pohon Pepaya

Makanan penambah dan pelancar ASI berikutnya adalah pohon pepaya. Yang di maksud pohon pepaya adalah semua yang tumbuh dari pohon pepaya dari daun, bunga, sampai buah nya.

Hal ini dikarenakan semua bahan yang tumbuh dari pohon pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin seperti Kalsium, Enzim Papain, Asam Folat, Vitamin A dan C.

Kandungan-kandungan nutrisi dan vitamin tersebut dapat membantu menambah jumlah ASI serta memperlancarkan keluar nya ASI tersebut.

Selain kandungan nutrisi dan vitamin yang di sebutkan diatas, kandungan air yang terdapat pada buah pepaya juga cukup banyak dan kandungan air tersebut dapat membantu menambah jumlah ASI.

5. Wortel

Wortel selain bagus untuk mata, juga bagus untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat membantu meningkatkan produksi ASI dalam jumlah banyak.

Ini dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A dan enzim phytoestrogens. Kandungan tersebut dapat membantu menambah jumlah ASI serta memperlancarkan keluarnya ASI tersebut.

6. Daun Katuk

Daun katuk ini sangat bagus di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena daun ini memiliki kandungan fosfor, kalium, protein dan zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menambah jumlah ASI hingga 50 persen.

Namun sayangnya daun ini cukup sulit di dapatkan saat ini. Tapi bagi kamu yang memiliki daun ini kamu dapat mengkonsumsi nya.

7. Sup

Sup terutama sup ayam, sup ikan, dan sup daging juga merupakan makanan yang dapat menambah jumlah ASI dan melancarkan keluar nya ASI tersebut.

Selain memiliki kuah dan daging, sup biasanya juga di lengkapi dengan berbagai sayuran yang tentunya memiliki banyak vitamin dan gizi.

8. Ikan Salmon

Daging Ikan Salmon

Salah satu kandungan nutrisi yang dimiliki ASI adalah DHA. DHA ini memiliki fungsi untuk menjaga dan meningkatkan perkembangan sistem saraf pada bayi.

Menurut penelitian, kandungan DHA ini sangat berpengaruh pada kecerdasan bayi.

Namun kandungan DHA yang terdapat pada ASI tidaklah cukup dan perlu di tingkatkan.

Nah untuk meningkatkan kandungan DHA tersebut bisa dengan cara mengkonsumsi ikan Salmon karena ikan ini adalah makanan yang memiliki banyak kandungan DHA.

Selain dapat membuat anak menjadi lebih cerdas, ikan salmon ini juga dapat menambah dan memperlancar ASI loh.

Tapi dalam mengkonsumsi ikan salmon tidak boleh terlalu berlebihan. Bagi ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui, di sarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon tidak lebih dari 12 ons dalam satu minggu.

9. Labu

Labu

Labu tentu kita sudah pernah mencoba nya bukan karena sayuran yang satu ini lumayan populer di Indonesia.

Nah labu ini juga merupakan makanan yang dapat membantu menambah serta memperlancar keluarnya ASI.

Labu ini sendiri termasuk makanan yang mudah di cerna  oleh perut serta memiliki berbagai kandungan nutrisi dan gizi yang bagus untuk ASI dan dapat membantu meningkatkan kualitas ASI.

10. Kacang Hijau

Makanan lainnya yang dapat membantu meningkatkan jumlah ASI adalah kacang hijau.

Kacang hijau ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti zat besi, fosfor, kalium, protein, magnesium dan kandungan vitamin seperti vitamin B1.

Nah kandungan-kandungan yang terdapat pada kacang hijau itu dapat membantu menambah jumlah ASI serta memperlancar keluarnya ASI.

11. Kacang Almond

Selain kacang hijau, makanan dengan jenis kacang yang juga dapat membantu menambah jumlah ASI adalah kacang almond.

Kacang almond merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti zat besi dan protein yang mana kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi ASI serta memperlancar keluarnya ASI tersebut.

12. Daun Kemanggi

Daun ini cukup populer di Indonesia dan sering di olah menjadi lalapan karena rasanya yang lumayan enak.

Nah daun kemanggi ini mengandung enzim phytoestrogens yang memiliki manfaat untuk menambah jumlah ASI pada ibu yang menyusui.

Tidak hanya itu, daun kemanggi ini juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan, memberikan efek penenang, dan melancarkan pergerakan usus sehingga dapat mencegah terkena sembelit.

13. Beras Merah

Beras merah selain dapat memberi perawatan setelah melahirkan, juga dapat membantu menambah dan melancarkan keluarnya ASI.

Tidak hanya itu, beras merah juga memiliki sebuah senyawa yang dapat membantu meningkatkan kualitas istirahat seorang Ibu.

14. Oatmeal

Oatmeal

Makanan ini sangat mirip dengan gandum dan sering di santap di pagi hari. Memang seh makanan ini  belum banyak di kenal di Indonesia tapi sudah sangat terkenal di Amerika.

Oatmeal adalah makanan bergizi dan memiliki banyak kandungan serat sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya merasakan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Nah bagi ibu menyusui yang mengalami masalah kekurangan ASI bisa mencoba mengkonsumsi oatmeal ini karena makanan ini dapat menambah jumlah ASI serta melancarkan keluarnya ASI tersebut.

15. Air

Tanpa air tubuh juga tidak dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak.

Karena itulah bagi ibu yang sedang menyusui disarankan untuk memperbanyak minum air terutama air putih agar jumlah ASI bertambah dan keluarnya ASI menjadi lebih lancar.

16. Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan salah satu makanan yang dapat membantu melancarkan keluarnya ASI dan menambah jumlah ASI tersebut. Bawang putih ini bahkan termasuk makanan penambah dan pelancar ASI terbaik.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi bawang putih juga akan membuat ibu yang sedang menyusui terhindar dari infeksi dan mastitis.

17. Biji Jinten Hitam

Biji jinten hitam memiliki kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi serta dapat menambah jumlah ASI sehingga sangat bagus di konsumsi oleh perempuan yang baru melahirkan.

Tidak hanya itu, biji jinten hitam juga dapat membantu memulihkan energi atau tenaga perempuan yang baru melahirkan.

Makanan Penambah dan Pelancar ASI lainnya

18. Wijen Hitam

19. Biji Adas

20. Jagung

21. Kacang Mete

22. Buncis

23. Barley

24. Ubi Jalar

25. Daun Dill

Nah itulah 25 makanan penambah dan pelancar ASI untuk ibu yang sedang menyusui.

Selain menambah dan melancarkan keluarnya ASI, makanan-makanan tersebut juga akan membuat kualitas ASI menjadi lebih baik sehingga bayi yang mengkonsumsi akan lebih sehat dan pertumbuhan menjadi lebih baik.

Namun sebelum mengkonsumsi makanan-makanan yang disebutkan diatas, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter yang menangani masalah ibu hamil.

Baca juga:

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE