8 Penyebab Darah Haid Menggumpal Saat Menstruasi


LoppLopp.com - Darah haid menggumpal adalah salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada wanita saat sedang mengalami menstruasi.

Permasalahan seperti ini tentu akan membuat seorang wanita menjadi takut dan berpikir apakah hal tersebut normal atau tidak.

Sebenarnya hal tersebut bisa dikatakan normal atau tidak nya itu tergantung apa penyebabnya karena penyebab dari darah haid yang menggumpal ini cukup banyak dan bermacam-macam.

Berikut ini 8 Penyebab Darah Haid Menggumpal Saat Menstruasi:

1. Darah Haid Terlalu Banyak

Kenapa darah haid itu cair? Itu karena ada sebuah zat yang bernama Antikoagulan yang memiliki fungsi mencairkan darah haid sebelum di keluarkan.

Namun di saat-saat tertentu terutama di saat darah haid yang keluar terlalu banyak, zat tersebut tidak dapat menjalankan fungsi nya dengan baik atau lebih tepatnya tidak dapat mencairkan semua darah haid yang terlalu banyak tadi.

Nah karena hal tersebutlah sebagian dari darah haid yang keluar, keluar dengan menggumpal karena tidak di cairkan oleh zat Antikoagulan.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan Hormon adalah salah satu pemicu menggumpalnya darah haid saat menstruasi.

Ada dua hormon yang memiliki pengaruh dalam siklus menstruasi dan pembentukan selaput dinding rahim yaitu hormon estrogen dan hormon progesterone.

Ketika hormon tersebut berada di posisi yang seimbang, maka waktu haid serta darah yang keluar saat menstruasi akan normal dan tidak ada penggumpalan darah yang terjadi.

Namun jika kedua hormon tadi berada di posisi yang tidak seimbang, maka selaput dinding rahim menjadi lebih tebal dan darah haid yang keluar menjadi lebih banyak sehingga terjadi penggumpalan darah.

Penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan hormon progesterone ini sendiri biasanya dikarenakan tubuh yang terlalu gemuk ataupun karena kelelahan akibat aktivitas yang berlebihan sehingga sistem metabolisme tubuh jadi tidak seimbang.

3. Karena Fibroid

Fibroid ini adalah sebuah penyakit yang muncul di dalam rahim wanita. Ketika penyakit ini muncul biasanya darah haid yang keluar akan menjadi lebih lama, lebih banyak, dan bergumpal-gumpal.

Di saat seorang wanita terkena penyakit fibroid ini, tidak ada tanda-tanda atau gejala-gejala tertentu yang terlihat selain waktu haid yang lebih lama, darah haid yang keluar lebih banyak, dan menggumpalnya darah haid yang keluar tadi.

Namun bagi wanita yang mengalami penggumpalan darah haid ini juga tidak dapat di anggap terkena penyakit fibroid karena penyebab penggumpalan darah haid itu sendiri ada banyak.

4. Karena Mioma Uteri

Mioma Uteri juga merupakan sebuah penyakit yang mirip dengan fibroid. Yang membedakan adalah fibroid timbulnya di rahim wanita, sedangkan mioma uteri timbulnya di sel telur wanita.

Saat seorang wanita terkena mioma uteri ini, gejala yang timbulkan bukan hanya penggumpalan dan banyaknya darah haid yang keluar, tapi seorang wanita juga akan merasakan rasa nyeri yang sangat nyeri atau sangat menyakitkan.

5. Karena Adenomiosis

Penyebab darah haid menggumpal berikutnya adalah Adenomiosis atau biasa disebut dengan perubahan pada otot rahim yang mengakibatkan membesarnya ukuran rahim.

Ketika seorang wanita mengalami Adenomiosis ini, gejala yang terjadi adalah darah haid yang keluar menjadi lebih banyak serta bergumpal-gumpal.

Orang yang mengalami Adenomiosis ini juga biasanya akan mengalami beberapa gejala anemia seperti pusing ataupun pandangan kabur saat bangun dari duduk. Hal ini tentu saja dikarenakan darah yang keluar terlalu banyak.

6. Ada Penyumbatan

Saat wanita sedang menstruasi, kadang-kadang terjadi penyumbatan pada leher ataupun mulut rahim.

Karena penyumbatan inilah darah haid menjadi menggumpal sebelum keluar.

Penyumbatan ini sendiri terjadi karena seorang wanita jarang beraktivitas.

Bagi kamu yang kadang-kadang mengalami hal ini, disarankan untuk sering beraktivitas seperti berolahraga ataupun jalan kaki.

Dan jika penyumbatan ini terjadi dalam waktu lama, sebaiknya segera periksa ke Dokter terdekat karena ini bisa jadi masalah yang berbahaya jika terjadi terus menerus dalam waktu yang cukup lama.

7. Karena Infeksi

Infeksi pada rahim dan saluran rahim juga dapat terjadi kepada wanita yang sedang menstruasi.

Saat ini terjadi, waktu menstruasi akan menjadi lebih lama dan darah yang keluar juga menjadi lebih banyak sehingga darah haid yang keluar pun menjadi menggumpal.

Tidak hanya itu saja, infeksi pada rahim ini juga akan menimbulkan rasa nyeri yang lumayan sakit.

Hal ini tentu saja sangat berbahaya karena banyaknya darah yang keluar tadi dapat mengakibatkan seseorang terkena Anemia.

Jika darah haid kamu menggumpal karena infeksi ini, sebaiknya segeralah berperiksa ke Dokter karena hal tersebut termasuk masalah yang berbahaya jika dibiarkan.

8. Bisa Karena Keguguran

Darah haid yang menggumpal saat menstruasi juga dapat disebabkan karena seorang wanita mengalami keguguran janin.

Darah yang keluar saat keguguran janin biasanya sangat banyak dan bergumpal-gumpal.

Hal ini dapat terjadi jika seorang wanita tidak menyadari kalau dia sedang mengandung lalu melakukan banyak aktivitas dan gaya hidup yang buruk.

Bagi kamu yang mengalaminya, segeralah berperiksa ke Dokter terdekat.

Nah demikianlah penyebab dari darah haid yang menggumpal saat menstruasi.

Selain apa penyebabnya, darah haid yang menggumpal juga dapat dikatakan normal atau tidaknya itu tergantung dari seberapa lama waktu terjadinya penggumpalan darah tersebut.

Jika penggumpalan darah hanya terjadi sebentar, mungkin hal tersebut masih normal karena seperti yang di sebutkan diatas, di saat-saat tertentu terutama saat darah haid yang keluar cukup banyak, zat antikoagulan yang memiliki fungsi untuk mencairkan darah haid ini tidak dapat mencairkan darah yang keluar karena jumlah darah yang keluar tadi terlalu banyak.

Namun jika penggumpalan darah haid nya cukup lama, itu mungkin sudah tidak normal lagi dan disarankan untuk memeriksanya ke Dokter terdekat untuk mengetahui apa penyebabnya dan cara menanganinya.

Baca juga:

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE