7 Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Pikun atau Lupa Ingatan


LoppLopp.com - Pikun atau lupa ingatan adalah salah satu masalah mengkhawatirkan yang biasanya terjadi pada orang yang sudah tua atau lansia.

Namun meski sering terjadi pada orang yang sudah tua, masalah pikun ini sebenarnya juga bisa menyerang orang yang masih muda.

Ya siapapun yang terkena masalah ini entah itu sudah tua atau masih muda, yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasi atau menghilangkannya.

Dan sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan pikun, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab utama dari masalah pikun ini.

Berikut ini Penyebab Pikun atau Lupa Ingatan

1. Otak Jarang di Gunakan

Salah satu penyebab utama seseorang mengalami masalah pikun adalah karena orang tersebut jarang menggunakan otak nya atau jarang berpikir.

Karena itulah pikun sering terjadi pada orang tua yang masa kerja nya sudah berkurang.

Berbeda dengan anak muda yang masih sering menggunakan otak nya untuk berpikir.

Tapi bahkan bagi anak muda sekalipun, jika jarang berpikir maka anak muda tersebut juga bisa terkena masalah pikun atau lupa ingatan.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga merupakan salah satu penyebab utama seseorang mengalami masalah pikun atau lupa ingatan.

Saat kita kurang tidur, hal itu akan membuat jaringan otak kita menjadi rusak dan hal tersebut akan membuat daya ingat kita menjadi menurun.

3. Stres

Selain kurang tidur, stres terutama stres yang berlebihan juga dapat membuat seseorang menjadi pelupa atau pikun.

Hal ini dikarenakan stres dapat membuat syaraf pada otak menjadi tertekan dan hal itu akan mengakibatkan kinerja otak menjadi berkurang yang pada akhirnya akan menyebabkan kepikunan.

Baca juga:

4. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang-orang terutama orang Indonesia.

Kebiasaan merokok ini, selain buang-buang uang dan dapat mengakibatkan penyakit paru-paru, juga dapat membuat seseorang menjadi pelupa yang nantinya akan berakhir menjadi pikun.

5. Kurang Aktivitas Fisik

Kurang bergerak akan membuat fungsi tubuh dan setiap organ tubuh termasuk otak menjadi berkurang.

Jika hal tersebut dibiarkan terus-terusan, nantinya akan membuat seseorang menjadi pelupa yang pada akhirnya akan mengalami masalah kepikunan.

6. Minum Alkohol

Seperti yang sudah kita ketahui, alkohol merupakan minuman berbahaya yang dapat merusak setiap organ tubuh termasuk otak.

Orang yang terus-terusan mengkonsumsi alkohol, pada akhirnya akan sering depresi dan mudah lupa ingatan.

7. Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat penenang dan sejenisnya kadang-kadang juga dapat membuat seseorang menjadi pelupa yang berakhir pada kepikunan.


Nah itulah penyebab dan hal-hal yang bisa membuat kita terkena masalah pikun.


Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita lanjutkan ke cara menghilangkannya.

Berikut ini Cara Menghilangkan Pikun atau Lupa Ingatan

1. Lakukan Senam Otak

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah dan menghilangkan pikun atau lupa ingatan adalah dengan melakukan senam otak secara rutin.

Cara melakukan senam otak ini sangat mudah sekali, yaitu dengan cara mengingat hal-hal yang berkaitan dengan dirimu sendiri seperti mengingat nama teman waktu TK atau waktu sekolah SD.

Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, tidak hanya dapat mencegah dan menghilangkan pikun, tapi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir serta meningkatkan daya ingat otak.

2. Makan Makanan yg Bagus Untuk Otak

Sama hal nya dengan bagian tubuh yang lain, otak juga membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja dengan baik dan salah satu cara yang mudah untuk menutrisi otak adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bagus untuk otak.

Ada banyak makanan yang sangat bagus untuk otak.

Dan berikut ini beberapa diantaranya:

  • Sayuran Berwarna Hijau
  • Kacang-Kacangan
  • Biji-Bijian
  • Buah Bit
  • Buah Bluberry
  • Pisang
  • Brokoli
  • Dan Ikan

Sering-seringlah mengkonsumsi makanan tersebut agar pikun atau lupa ingatan dapat dihilangkan dan dihindari.

3. Asah Otak

Mengasah otak juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan pikun atau lupa ingatan dan membuat kinerja otak menjadi lebih baik.

Kamu dapat mengasah otak dengan cara menjawab pertanyaan atau mengisi soal-soal ringan.

4. Lakukan Permainan Asah Otak

Selain mengisi soal-soal ringan dan menjawab pertanyaan, mengasah otak dengan cara melakukan permainan asah otak seperti mengisi teka-teki silang juga merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan pikun serta mencegah kamu terkena masalah pikun atau lupa ingatan.

Jika tidak dapat mengisi teka-teki silang, kamu juga dapat memainkan permainan asah otak lainnya seperti bermain catur, puzzle, atau permainan rubik.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih akan membuat tubuh dan setiap organ tubuh menjadi lebih sehat dan kinerjanya menjadi lebih baik.

Begitu juga dengan otak yang juga merupakan organ tubuh, dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih akan membuat otak menjadi lebih sehat dan kinerjanya menjadi lebih baik sehingga kamu tidak mudah lupa ingatan lagi.

6. Istirahatkan Otak Sejenak

Mengistirahatkan otak sejenak adalah mengistirahatkan otak beberapa menit di saat kita sedang berpikir atau menggunakan otak terlalu keras.

Mengistirahatkan otak sejenak ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk menghilangkan dan mencegah datangnya pikun atau lupa ingatan.

7. Istirahat yang Cukup

Selain mengistirahatkan otak sejenak, kamu juga perlu untuk beristirahat dengan cukup setelah bekerja dan bepikir dengan keras seharian penuh.

Kamu dapat beristirahat dengan cara tidur yang cukup di malam hari dan hal itu akan membuat kinerja otak menjadi lebih bagus dan sehat di ke esokan harinya.

Kinerja otak yang lebih bagus serta otak yang lebih sehat akan membuat kamu terhindar dari yang namanya pikun atau lupa ingatan.

8. Berolahraga

Berolahraga di pagi hari atau sebelum bekerja akan membuat kinerja tubuh dan setiap organ tubuh termasuk otak menjadi lebih baik dan lebih bersemangat sehingga kamu dapat terhindar dari masalah pikun atau lupa ingatan.

Nah itulah penyebab dan cara menghilangkan pikun atau lupa ingatan.

Baca juga:

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE