12 Makanan Yang Baik, Bergizi dan Sehat Untuk Ibu Hamil


LoppLopp.com - Memilih makanan yang baik, bergizi serta sehat adalah hal penting yang harus di lakukan oleh ibu hamil karena makanan yang di makan oleh wanita yang sedang hamil akan menentukan kesehatan janin dan masa depan bayi.

Dan makanan yang bagus di konsumsi oleh wanita hamil adalah makanan yang memiliki kandungan asam folat, kalsium, serat, zat besi, protein, omega 3, magnesium, kalium, vitamin B6 serta kandungan vitamin lainnya.

Ada banyak makanan yang memiliki kandungan-kandungan tersebut dan berikut ini 12 diantaranya:

1. Bayam


Bayam adalah salah satu makanan yang baik di konsumsi oleh ibu hamil karena Bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi serta gizi yang sangat baik untuk ibu hamil.

Dan berikut ini kandungan nutrisi yang ada pada bayam.

  • Kandungan kalsium yang dapat membantu menguatkan tulang dan gigi bayi.
  • Kandungan folat yang dapat menjaga bayi dari kecacatan.
  • Kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil.
  • Kandungan zat besi yang dapat membantu menyalurkan oksigen ke janin dan membantu memproduksi sel darah merah serta melindungi ibu hamil dari anemia.

Selain kandungan nutrisi tersebut, bayam juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil serta berbagai kandungan lainnya yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin.

Dan dalam memilih bayam, sebaiknya pilih bayam yang masih segar karena bayam yang masih segar lebih baik dan lebih sehat ketimbang bayam sudah lama atau yang di simpan di dalam kulkas.

2. Brokoli


Brokoli juga merupakan salah satu sayuran yang bagus di konsumsi oleh ibu yang sedang hamil sama halnya seperti bayam.

Kandungan nutrisi yang di miliki oleh brokoli pun tidak berbeda jauh dengan bayam.

Beberapa kandungan nutrisi utama yang di miliki oleh brokoli adalah kandungan asam folat yang akan menjaga bayi dari kecacatan, kalsium yang dapat membantu pertumbuhan  tulang dan gigi serta membantu menguatkannya, dan kandungan zat besi yang dapat melindungi ibu hamil dari penyakit anemia.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang banyak, menurut penelitian, bayi yang mengkonsumsi brokoli saat masih janin atau saat masih di dalam perut, cendrung menyukai mengkonsumsi sayuran di saat dia sudah besar nanti.

Dan sama halnya dengan bayam, dalam memilih brokoli, sebaiknya pilihlah brokoli yang masih segar karena brokoli yang sudah lama kandungan nutrisi nya sudah berkurang dan sebaiknya di hindari oleh ibu hamil.

3. Kubis


kubis adalah sayuran yang juga bermanfaat untuk ibu hamil dan sangat bagus di konsumsi secara rutin oleh ibu hamil.

Kandungan nutrisi yang di miliki oleh kubis juga sangat banyak dan beberapa diantaranya adalah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, serat, vitamin K dan vitamin C.

Selain itu kandungan kalori yang ada pada kubis juga rendah sehingga sangat cocok bagi ibu hamil yang ingin menjalankan pola makan diet.

Dan dalam memasak kubis, sebaiknya masaklah kubis hingga matang karena kubis yang masih mentah atau kurang matang tidak baik untuk ibu hamil. Dan untuk menu masakannya, kamu dapat membuatnya dalam bentuk sup atau mentumisnya.

4. Kembang Kol

Kembang kol atau biasa di sebut juga dengan kubis bunga adalah sayuran kubis yang bentuknya mirip dengan brokoli namun memiliki kepala bunga yang berwarna putih.

Sayuran kembang kol ini juga merupakan salah satu sayuran yang bagus di konsumsi oleh ibu hamil karena kembang kol memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi.

Dan beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang di miliki oleh kembang kol adalah kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil serta dapat membantu tubuh mempercepat penyerapan zat besi.

Selain kandungan vitamin C, kembang kol juga memiliki kandungan folat dan kalsium yang tinggi.

Untuk cara memasaknya, kamu dapat memasaknya dengan mentumisnya atau membuatnya menjadi sup.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan sudah banyak produk yang terbuat dari kacang hijau ini seperti kue, bubur dan masih banyak lagi.

Selain terkenal, kacang hijau ini juga memiliki banyak manfaat terutama untuk ibu hamil dan salah satu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah mengurangi resiko bayi terkena penyakit pernafasan.

Tak hanya itu, kacang hijau juga dapat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil serta menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan janinnya.

6. Tomat


Makanan berikutnya yang sangat bagus dan bergizi untuk ibu hamil adalah tomat. Tomat memiliki banyak kandungan gizi dan salah satunya adalah kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap kandungan zat besi.

Selain vitamin C, tomat juga memiliki kandungan zat licopen yang dapat menjaga sel tubuh dari kerusakan serta kandungan asam folat yang dapat membantu mencegah kecacatan pada bayi.

Untuk cara mengkonsumsi nya, kamu dapat memakan langsung tomat yang belum di masak ataupun yang sudah di masak dalam bentuk sup, salad atau masakan lainnya.

Meski bagus untuk ibu hamil, namun bagi ibu hamil yang menderita maag, disarankan untuk menghindari mengkonsumsi tomat.

7. Jeruk


Selain sayur-sayuran yang di sebutkan diatas, buah-buahan juga sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil dan salah satu buah terbaik untuk ibu hamil adalah buah jeruk.

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan meningkatkan kesehatan janin.

Selain kandungan vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan kalium serta air yang banyak sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Tak hanya itu saja, rasa manis dan asam pada jeruk juga dapat membantu menghilangkan rasa mual pada ibu hamil dan karena hal tersebutlah buah jeruk sangat di gemari oleh ibu-ibu yang sedang hamil.

8. Alpukat

Buah-buahan berikutnya yang sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil adalah buah alpukat.

Buah alpukat ini memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin C, E, K, B1, B2, serta vitamin B6 yang semuanya sangat bagus untuk ibu hamil dan janinnya serta dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Selain kandungan vitamin tersebut, buah alpukat juga memiliki kandungan kalsium, zat besi serta kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil.

Tak hanya itu saja, di dalam buah alpukat juga terdapat kandungan kolin yang dapat mendukung pertumbuhan otak serta syaraf janin.

Untuk cara mengkonsumsi nya, kamu dapat membuat buah alpukat menjadi jus.

Dan di sarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat pada trimester kedua kehamilan.

Baca juga: 11 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

9. Stroberi


Selain jeruk dan alpukat, stroberi juga merupakan salah satu makanan yang sangat bagus untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Dan sama halnya dengan jeruk dan alpukat, buah stroberi juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu hamil.

Kandungan gizi dan nutrisi yang di miliki oleh buah stroberi adalah kandungan vitamin C, vitamin K, serat, kalium, magnesium serta kandungan yodium yang dapat menjaga syaraf serta fungsi otak bayi.

10. Pisang

Makanan berikutnya yang bagus untuk ibu hamil adalah pisang.

Pisang adalah buah yang memiliki banyak Kandungan nutrisi dan beberapa diantaranya adalah kandungan vitamin B6, kalium dan masih banyak lagi kandungan lainnya yang tentunya sangat bagus untuk ibu hamil.

Selain memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi, buah pisang juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan beberapa diantara manfaat pisang untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan serta melindungi ibu hamil dari masalah pencernaan seperti diare ataupun susah buang air besar.

11. Ikan Sarden


Setelah buah-buahan, makanan berikutnya yang bagus untuk ibu hamil adalah ikan dan salah satu ikan yang bagus di konsumsi oleh ibu hamil adalah ikan sarden.

Ikan sarden memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk ibu hamil dan bermanfaat untuk menjaga dan mendukung pertumbuhan syaraf dan otak janin.

Selain omega 3, ikan sarden juga memiliki kandungan vitamin A, E, D serta kandungan kalsium yang bermanfaat untuk membantu pembentukan gigi dan tulang janin.

12. Telur

Telur juga merupakan salah satu makanan yang sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil.

Selain murah dan mudah di dapat, telur juga memiliki banyak kandungan nutrisi seperti mineral dan protein yang dapat membantu meningkatkan energi ibu hamil.

Tak hanya itu saja, kandungan yang ada di dalam telur juga dapat membantu menjaga otak bayi.

Namun di sarankan bagi ibu hamil untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kuning telur.

Nah itulah 12 makanan yang baik, bergizi serta sehat untuk ibu hamil.

Sedangkan makanan yang tidak baik dan harus di hindari oleh ibu hamil adalah makanan yang mentah, makanan yang belum benar-benar matang dan telur mentah ataupun yang setengah matang.

Dan dalam memilih makanan, sebaiknya berkonsultasi lah terlebih dahulu ke dokter terdekat karena setiap orang termasuk ibu hamil kadang-kadang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Baca juga:

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE