Penyebab Penyakit Polio dan Cara Mencegahnya

LoppLopp.com - Polio merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan dampak dampak yang dapat mengganggu bagian tubuh manusia atau pun sistem lainnya. Namun telah di nyatakan bahwa sejak tahun 2014 indonesia adalah termasuk negara yang terbebas dari penyakit polio karena telah di laksanakan program vaksinasi polio.

Polio dalam istilah medis juga biasa di sebut dengan peliomyelitis, ini adalah merupakan suatu penyakit virus yang sangat mudah sekali untuk menular dan menyerang pada sistem saraf, otot, dan juga seluruh tubuh manusia. Penyakit polio ini biasanya dapat menyebabkan sulit bernafas pada sistem pernafasan, kelumpuhan pada kaki dan bahkan hingga dapat menyebabkan kematian.

Penyebab penyakit polio

1. Virus polio

Virus polio merupakan penyebab utama terjangkitnya penyakit ini, karena virus polio ini sangat mudah sekali menyebar ke dalam tubuh manusia dan virus ini dapat menyebar dari beberapa cara, maka dari itu sebaiknya anda lebih berhati hati dalam melakukan pergaulan dengan teman atau pun orang lain, kenalilah terlebih dahulu mereka tentang latar belakang dan juga riwayat penyakitnya agar anda dapat mengantisipasi tertularnya penyakit polio ini.

2. Tertular dari penderita polio

Tertular penyakit ini dari si penderita penyakit polio dengan secara langsung dari orang ke orang dengan melalui percikan ludah si penderita polio atau pun melalui tinja si penderita.

3. Masuknya virus ke dalam hidung atau mulut

kemudian virus ini juga dapat menular melalui masuknya virus ke dalam hidung atau pun mulut kemudian setelah virus itu masuk maka dia akan berkembangbiak di dalam tenggorokan lalu di serang dan sebarkan melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening.

Cara mencegah

1. Imunisasi polio

Imunisasi dapat meminimalisasi terjangkitnya virus polio yang sangat mudah sekali menyebar, bagi anak anak, ibu hamil dan seseorang yang mepunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah akan sangat mudah terkena virus polio apabila tidak ada imunisasi secara rutin di daerah mereka. Sebaiknya bagi anda yang merasa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah agar supaya membiasakan diri mengikuti program imunisasi, jika anda tidak menginginkan terkena virus yang membahayakan ini.

2. vaksinasi

Polio dapat di cegah dengan cara vaksinasi yang dapat memberikan sistem kekebalan terhadap penyakit polio seumur hidup, terutama pada anak anak, ibu hamil, dan yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sebagian orang yang di beri vaksin polio biasanya mengalami alergi, jika anda mengalami alergi segera periksakan ke dokter. Beberapa alergi yang biasanya muncul yakni pusing, lemas, jantung berdetak kencang, sulit bernafas, serak dan tenggorokan bengkak.

Demikianlah cara mencegah penyakit polio, semoga informasi diatas bisa menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE