Inilah Penyebab dan Gejala Radang Panggul

LoppLopp.com - Radang panggul adalah suatu penyakit yang biasanya terdapat pada bagian panggul perempuan, rahim, leher rahim dan ovarium. Penyakit ini biasanya terdapat pada wanita berumur sekitar 16-24 tahun yang memiliki aktiv seksual.

Apabila menyakit ini di biarkan maka akan mengakibatkan timbulnya kehamilan ektopik dan nyeri panggul kronis.

Radang panggul merupakan suatu kondisi yang terjadi infeksi atau peradangan pada bagian panggul wanita, sebagian besar penyakit ini karena infeksi pada bagian vagina sehingga menyebar ke rahim.

Radang panggul dikenal dalam istilah kedokteran sebagai pelvic inflammatory disease (PID).

Faktor penyebab radang panggul

1. Pemakaian alat kontrasepsi

Pemakaian alat ini berbahaya terutama bagi wanita, karena dapat mengakibatkan infeksi pada bagian rahim wanita.

2. Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual adalah salah satu penyebab radang panggul, seperti kencing tanah biasanya dapat mengakibatkan bagian rahim terinfeksi.

Beberapa bakteri yang biasanya tinggal di dalam vagina akan menyebabkan peradangan panggul, bakteri ini biasanya akan melalui vagina kemudian akan menginfeksi organ lain.

Faktor-faktor peradangan panggul biasanya terjadi karena keguguran, aborsi, sering bergonta-ganti pasangan sex, melakukan sex tanpa menggunakan keamanan, memiliki sejarah peradangan panggul dan infeksi menular seksual dan juga kebiasaan mencuci douching vagina atau vagina secara seksual.

Gejala penyakit radang panggul

1. Pendarahan

Sebaiknya berhati-hatilah bagi wanita ketika pendarahan terjadi di luar menstruasi segera periksakan ke dokter agan mendapat penanganan dan dapat mengetahui jenis penyakit tersebut, karena bisa saja ini merupakan gejala dari radang panggul dan gangguan dari reproduksi akibat terinfeksinya vagina.

2. Masalah menstruasi

Ketika menstruasi terjadi masalah seperti sering keluar darah dengan tidak beraturan, bisa saja ini adalah istikhadhoh atau darah penyakit tapi bisa saja ini termasuk gejala dari radang panggul, maka berhati-hatilah dan segera periksakan diri ke dokter karena bisa saja ini merupakan gejala radang panggul juga, jangan menganggap hal ini sepele karena dapat berakibat fatal.

3. Keputihan

ketika anda mengalami keputihan, memiliki bau yang tidak sedap, terasa nyeri pada bagian vagina dan gatal-gatal pada sekitar vagina sebaiknya segera diperiksakan agar mendapatkan penanganan intensif, karena bisa saja ini menjadi salah satu gejala radang panggul apabila keputihan tersebut terjadi karena penyakit menular seksual.

4. Nyeri pada bagian perut

Perut terasa nyeri itu bukan hanya karena masalah pencernaan saja gejala radang panggul juga terasa nyeri pada bagian perut, rasa nyeri pada bagian panggul, nyeri pada bagian perut bawah dan nyeri saat buang air kecil, ini juga termasuk dari gejala penyakit tersebut.

Kita perlu waspada dalam menanggapi kasus ini karena radang panggul merupakan penyakit yang berbahaya khususnya bagi seorang wanita, sebab kebanyakan penyakit ini terjadi kepada wanita.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE