Hal-hal yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

LoppLopp.com - Penyakit anemia ini terjadi karena memiliki sel sel darah merah yang sedikit, yaitu sel darah yang di bawah normal. Orang yang mempunyai riwayat penyakit anemia biasanya akan mengalami rasa pusing, hal ini di karenakan sel darah merah yang berfungsi sebagai pengikat oksigen berkurang.

Sehingga oksigen pada tubuh juga akan menjadi berkurang, kemudian ketika tubuh anda mempunyai eritrosit yang sedikit maka akan menyebabkan timbulnya penyakit anemia.

Penyakit dapat menyerang tubuh bukan hanya karena makanan atau minuman yang terjangkit virus namun juga karena adanya kelainan yang terjadi pada bagian tubuh salah satunya adalah anemia.

Berkurangnya sel-sel darah merah dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit anemia ini biasanya akan membuat badan terasa lemah dan lesu kemudian organ organ di dalam tubuh tidak berjalan dengan normal yang di sebabkan oleh oksigen yang ada dalam tubuh berkurang. Biasanya pada masyarakat umum anemia di sebut juga kurang darah.

Berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab penyakit anemia

1. Terjadi kerusakan pada sel darah merah


Biasanya anemia juga tidak hanya karena rusaknya sel darah merah akan tetapi dapat di sebabkan juga karena keturunan dan untuk menghindari hal ini terjadi tetap jaga asupan nutrisi anda setiap harinya, seringlah berkonsultasi ke dokter tentang kesehatan anda.

Rusaknya sel darah merah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya anemia, ketika sel darah merah pecah yang di akibatkan karena rapuh dan perlu anda ketahui bahwa pecahnya sel darah merah akan berakibat timbulnya penyakit anemia, biasanya ini juga terjadi karena terlalu menahan stres yang terjadi pada sistem peredaran tubuh.

2. Penyakit

Bagi seorang wanita yang mengalami pendarahan hebat saat menstruasi atau pun pada saat melahirkan sebaiknya lebih waspada dan berhati hati karena hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit anemia, kemudian ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan anemia di antaranya seperti, maag, wasir, gastritis dan lain sebagainya.

Ketika anda mulai merasakan penyakit-penyakit itu sebaiknya segeralah konsultasi ke dokter agar pendapat penanganan lebih dini sebelum penyakit tersebut menyebabkan anda terjangkit penyakit anemia.

3. Pembentukan hemoglobin terganggu

Terganggunya pembentukan hemoglobin dapat terjadi karena kurangnya vitamin dan mineral di dalam tubuh kareana dalam pembentukan sel darah merah juga sangat membutuhkan asupan mineral dan vitamin.

Maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral secara rutin setiap harinya karena pada saat tubuh anda kekurangan dua asupan nutrisi tersebut akan menyebabkan sel darah merah terganggu sehingga akan membuat kualitas dan kuantitas sel darah merah berkurang, fungsi hemoglobin itu sendiri akan menjadi tidak optimal apabila kualitas dan kuantitas hemoglobin tidak bagus.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE