5 Cara Mudah Mengatasi Tidur yang Mendengkur atau Ngorok

LoppLopp.com - Mendengkur atau ngorok adalah suatu kebiasan bagi seseorang pada saat tidur, tidur yang mendengkur kebanyakan biasa di alami oleh para lelaki, tidur yang mendengkur memang terlihat sangat nyenyak akan tetapi sebenarnya tidur yang mendengkur itu tidak baik karena mengganggu saluran pernafasan sehingga sebaiknya hindari dan atasi kebiasaan tidur yang mendengkur atau ngorok.

Ketika anda tidur dan sudah terbiasa di sertai dengan mendengkur atau ngorok sebaiknya segera lakukanlah hal-hal yang dapat mengatasi tidur mendengkur tersebut karena jika tidak di atasi akan terjadi akibat-akibat yang mungkin tidak kita ketahui. Dan jika setelah anda melakukan hal-hal yang dapat mengatasi tidur mendengkur atau ngorok tersebut belum juga manjur maka segera periksakan ke dokter agar dapat di ketahui apa penyebab serta akibatnya.

Berikut cara mudah mengatasi tidur yang mendengkur.

1. Minum air putih


Minum air putih yang cukup, ketika tubuh kekurangan cairan maka sekret hidung akan menjadi lebih kental, jika terlalu lama di biarkan maka akan mengakibatkan anda mendengkur saat tidur.

Untuk mengatasinya secara mudah pastikan kebutuhan cairan tubuh anda setiap harinya tercukupi, maka dari itu minum air putih secara teratur setiap harinya 8-10 gelas akan membantu anda dalam mengatasi tidur yang mendengkur atau ngorok .

2. Ubah posisi tidur

Ubahlah posisi tidur anda, hindari tidur dengan posisi terlentang sebab pangkal lidah akan jatuh ke dinding belakang kerongkongan dan dapat menimbulkan suara yang bergetar.

Ubahlah posisi tidur anda dengan posisi miring akan membantu anda mencegah hal ini terjadi dan jika anda masih mendengkur atau ngorok setelah mengubah posisi tidur mungkin saja ada sumbatan yang lebih serius pada tenggorokan.

3. Ganti perangkat tidur secara berkala

Gantilah perangkat tidur anda dengan secara berkala dan jagalah kebersihan tempat tidur karena tungau debu yang berakumulasi di bantal, guling, kasur, selimut dan sprei dapat menimbulkan reaksi alergi pada saluran pernafasan yang tentunya dapat menyebabkan anda tidur mendengkur dan tidak terasa nyaman.

4. Turunkan berat badan


Menurunkan berat badan secara efektif dengan cara olahraga yang cukup stiap harinya atau minimal lakukanlah satu minggu sekali agar dapat menjaga kebugaran tubuh.

Karena berat badan yang berlebih akan menyebabkan peningkatan lemak pada bagian leher yang menekan diameter internal kerongkongan sehingga menyebabkan rongga leher menyempit dan menimbulkan suara dengkuran pada saat tidur.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah dan Cepat

5. Hindari lelah yang berlebihan


Hindari lelah yang berlebihan karena terlalu banyak aktifitas yang padat setiap harinya sehingga anda sangat mudah untuk tidak memperhatikan kondisi kesehatan tubuh  dan istirahat yang cukup.

Kelelahan yang terlalu berlebih dapat membuat anda masuk ke tahap tidur yang dalam, di saat yang sama otot akan menjadi lemah sehingga dapat terjadi dengkuran saat tidur.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE