7 Cara Alami Mengatasi Keputihan Pada Wanita

LoppLopp.com - Semua wanita memang sudah pernah merasakan keputihan. Keputihan memang hal yang wajar terjadi muncul menjelang periode menstruasi dan sesudah menstruasi. Hal ini memang harus selalu diperhatikan pada setiap wanita. Keputihan memiliki beberapa ciri-ciri seperti berwarna putih, hijau kekuningan, penuh air, lengket dan memiliki bau yang tidak sedap. Setiap tanda keputihan yang berbeda dapat menunjukkan kondisi kesehatan reproduksi setiap wanita.

Ilustri

Dengan banyaknya jenis keputihan yang berbeda-beda, maka setiap wanita perlu mengetehui cara perawatan yang tepat. Setiap wanita melakukan perawatan yang berbeda-beda, ada yang mengatasi keputihan dengan obat-obatan, cara alami dan lainnya. Untuk lebih amannya, sebaiknya gunakan cara alami yang tidak memiliki efek samping dan aman untuk daerah kewanitaan anda. Berikut kami berikan referensi Cara Alami Mengatasi Keputihan.

1. Gunakan Cuka Sari Apel.


Bahan yang terdapat pada cuka sari apel dapat anda manfaatkan untuk mengatasi keputihan yang disebabkan karena adanya bakteri. Cuka sari apel juga memiliki pH yang sesuai untuk vagina. Cuka sari apel bekerja dengan meningkatkan jumlah bakteri baik pada vagina dan dapat mengurangi bau yang tidak sedap tersebut. Caranya :

Campurkan cuka sari apel dengan segelas air mineral hangat dan madu sedikit
Minum ramuan tersebut setiap hari dengan porsi satu hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

2. Makanlah Pisang Setiap Hari.

Memakan buah pisang setiap harinya dapat mengobati keputihan dengan sendirinya. Pisang dapat menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh dan mengatasi ganguan reproduksi. Konsumsilah pisang selama 2 kali sehai untuk menghentikan keputihan. Pisang juga dapat membantu meningkatkan detak jantung dan membantu pencernaan yang sehat.

3. Minum Jus Delima.

Jus delima memiliki nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan keseimbangan hormon dan mencegah bekteri dan virus berkembang pada vagina dan tubuh. Anda dapat meminum jus delima sehari sekali setiap hari untuk menghentikan keputihan.

4. Gunakan Jus Basil atau Susu.

Cara selanjutnya dengan memakan jus basil dan susu. Basil adalah tanaman obat yang sangat dikenal membantu mengatasi keputihan secara alami. Basil memiliki sejumlah kandungan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan pada rongga vagina dan mengendalikan kondisi pH. Caranya :

Haluskan beberapa lembar daun basil dan campurkan dengan segelas susu rendah lemak
Lakukan cara ini selama 1-2 minggu setelah terapi

5. Minum Jahe Hangat.

Rimpang jahe mengandung senyawa yang alami dan berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan juga dapat melawan infeksi bekteri dan virus. Rimpang jahe dapat juga digunakan untuk menghilangkan bakteri jahat. Caranya dengan merebus satu gelas air minum dengan satu ruas kecil jahe segar. Setelah mendidih angkatlah dan saring airnya. Minum ramuan ini selagi hangat dan anda dapat menambahkan gula batu atau madu agar rasanya lebih terasa nikmat.

6. Menghindari Makanan Berminyak.

Makanan yang memiliki banyak kandungan lemak dapat menyebabkan keputihan yang semakin parah. Makanan yang memiliki minyak berlebih dapat menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan, kondisi metabolisme tubuh terhambat, dan juga akan merubah keputihan menjadi lebih buruk.

7. Jaga Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar.


Cara mengatasi keputihan yang paling ampuh adalah dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan pakaian dalam berbahan katun karena akan mengatasi kelembaban dan kering pada vagina yang berlebih. Untuk pakaian luar, sebaiknya hindari pakaian yang ketat karena akan menimbulkan ketidaknyamanan pada area reproduksi.

Keputihan memang akan mebuat setap wanita tidak nyaman dan selalu merasa was-was. Memang sudah banyak cara-cara untuk menyembuhkan keputihan dan juga tidak akan terjadi secara langsung. Jika keputihan terjadi pada jangka yang lama, maka langkah yang baik adalah dengan berobat dan berkonsultasi pada dokter yang ahli. Demikian diatas mengenai Cara Alami Mengatasi Keputihan, semoga dapat bermanfaat.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE