Beberapa Cara Mudah Untuk Mencegah Penyakit Usus Buntu

LoppLopp.com - Penyakit usus buntu biasanya terjadi karena adanya infeksi pada usus atau biasa di sebut dengan radang usus.

Gejala awal yang ditimbulkan adanya penyakit usus buntu yakni pusar terasa nyeri kemudian bergerak hingga ke bagian kanan bawah, muntah di sertai dengan mual, kembung pada bagian lambung, perut bengkak, diare, sulit buang angin serta nafsu makan berkurang.

Usus Buntu

Usus buntu berperan sebagai untuk mempertahankan tubuh dari berbagai serangan penyakit, dan letak usus buntu berada di bawah perut bagian kanan.

Salah satu terjadinya usus buntu biasanya di karenakan tidak dapat di keluarkannya makanan yang bersifat keras yang masuk ke usus buntu.

Hal tersebut dapat mengakibatkan usus mengerut secara cepat sehingga akan mempermudah mengalami radang pada usus.

Cara mudah untuk mencegah penyakit usus buntu:

1. Kenali gejala awal usus buntu

Langkah pertama yang perlu kita pahami adalah gejala awal usus buntu, apabila anda merasakan gejala awal seperti kembung pada bagian lambung atau perut bengkak dan terasa sakit pada perut bagian kanan bawah maka segeralah periksakan ke dokter akan mendapat penanganan lebih dini sehingga akan mengurangi resiko infeksi yang serius pada usus buntu karena apabila usus buntu terlalu lama di biarkan hingga usus buntu meradang maka harus di lakukan operasi.

Kenalilah penyakit anda sejak dini sebelum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, siapa lagi jika bukan anda sendiri yang menjaga kesehatan diri dan merawat tubuh agar terhindar dari penyakit.

2. Banyak minum air putih

Mulailah bagi anda untu membiasakan diri minum air putih yang cukup setiap hari karena air putih memang sangat-sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda terlebih bagi anda yang setiap harinya lebih sering berada di depan layar komputer maka akan membutuhkan banyak cairan terutama air putih, sebaiknya sediakan air putih di meja kerja anda agar anda tidak lupa untuk meminumnya secara teratur setiap hari, selain itu air putih juga dapat membantu anda untuk mencegah penyakit usus buntu, karena salah satu penyebab terjadinya usus buntu juga kurangnya cairan dalam tubuh.

3. Jangan membiasakan untuk menahan buang air besar

Hindarilah dari membiasakan diri menahan buang air besar, kelihatannya memang ini hanya hal sepele akan tetapi hal ini juga dapat mengakibatkan terjadinya usus buntu karena ketika kita menahan buang air besar maka akan menyebabkan feses mengeras serta menumpuk sehingga terjadi penyumbatan pada usus hingga pada akhirnya dapat meningkatkan resiko terjadinya radang usus buntu, selain itu juga jangan menahan untuk membuang angin karena bisa juga mengakibatkan usus buntu.

4. Mengkonsumsi makanan tinggi serat


Kasus usus buntu jarang terjadi kepada seseorang yang mempunyai pencernaan lancar, maka dari itu perbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan serat seperti sayuran agar dapat mencegah anda terserang penyakit usus buntu.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE