Inilah 5 Penyebab Anda Keracunan Makanan


LoppLopp.com - Setiap hari pasti anda banyak mengkonsumsi makanan, baik itu makanan ringan ataupun makanan berat atau minuman, tentunya banyak sekali kandungan ataupun zat-zat yang terkandung dalam makanan, yang tentunya terdapat zat yang baik, begitupun sebaliknya.

Akhir-akhir ini banyak berita yang menyajikan topiknya tentang keracunan baik itu makanan ataupun minuman, tentu kita merasa takut, setiap kali akan mengkonsumsi makanan atau minuman, maka dari itu kita harus mewaspadai bagaimana caranya anda terhindar dari makananan dan minuman yang mengandung racun.

Berikut ini penyebab keracunan makanan

1. Pengolahan makanan yang tidak Higienis

Pengolahan makanan yang tidak Higienis berawal dari bagaimana cara memilih bahan makanan, anda harus memperhatikan tanggal kadaluarsa, selain itu anda harus memperhatikan cara menyimpan, dan tempat penyimpananya. Selain itu kita juga harus menghindari penggunaan wadah yang terbuat dari logam, karena untuk mencegah makanan agar tidak tercemar.

2. Terdapat mikroorganisme penyebab keracunan makanan

Sudah bisa dipastikan, bahwa keracunan makanan diakibatkan karena terdapat mikroorganisme baik berupa bakteri atau faktor lainya. Pada umumnya bakteri yang menyebabkan makanan terkena racun seperti daging, telur, ikan, susu yang dapat menumbuhkan banyak bakteri. Pada intinya anda harus pintar memilah memilih dalam mengelola makanan, dan pastikan sebelum anda memasak sayuran, anda tidak lupa untuk mencuci dengan air bersih yang mengalir, agar bakteri dalam sayuran, terbawa oleh air, dan terakhir, apabila anda memasak makan, pastikan makanan yang anda masak matang dengan sempurna.

3. Mengandung Bahan-bahan kimia dalam makanan

Bagaimanakah awalnya makanan mengandung zat kimia, disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri, yaitu dengan pengunaan pestisida atau insektisida yang berlibahan dapat memicu terjadi keracunan makanan akibat zat kimia, rekomendasi untuk anda sebaiknya tidak membeli perlatan dapur yang terbuat dari bahan logam, yang dikarenakan takut apabila terkena panas kemungkinan dapat melarutkan cairan logam yang ada didalam peralatan dapur tersebut, anda juga harus pintar-pintar memilih jenis makanan yang dikeamas dalam bentuk kaleng, apabila pada kaleng terdapat kecacatan, meskipun sedikit sebaiknya jangan dibeli, karen kaleng yang sudah cacat dapat membebaskan bakteri untuk berkembangbiak.

4. Terdapat jamur pada Makanan

Seringkali kita menemui makanan yang sudah berjamur, biaanya orang yang kurang paham dengan jamur, tidk memperdulikan, masih tetap membeli makanan tersebut, padahal makanan tersebut dapat menyebabkan keracunan, maka langkah yang harus anda lakukan adalah, memilih makanan yang masih segar, pisahkan tempat penyimpanan makanan yang berminyak, dengan makanan yang kering, agar tidak mudah mengalami tumbuh jamur.

5. Parasit

Parasit merupakan makanan atau minuman yang tertelan saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut, adapun makanan dan minuman yang terkontaminasi, meliputi Giardia, Amoeba, Trichinella, dan taenia solium. Maka dari itu anda harus hati-hati, jangan sembarangan saaat mengkonsumsi, makanan dan minuman.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE